• SMKN 5 BANDUNG
  • " Leading, Innovative, Modern, Aware "

Nadiem Makarim Minta Saat Vaksinasi Covid-19 Selesai, Sekolah Upayakan Pembelajaran Tatap Muka

Pandemi covid-19 telah memberikan dampak yang besar terhadap keberlangsungan sektor pendidikan di Indonesia, sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyatakan bahwa selama pandemi, pembelajaran jarak jauh (PJJ) berdampak pada penurunan nilai akademis siswa di seluruh Indonesia.

Untuk mengupayakan pembelajaran yang optimal, pemerintah juga telah menargetkan para tenaga pendidik serta tenaga kependidikan untuk secepatnya menerima vaksin Covid-19.

Pemerintah juga menargetkan sebanyak 5,5 juta pendidik dan tenaga kependidikan mendapatkan vaksinasi Covid-19 hingga akhir Juni 2021. Yakni dengan prioritas vaksinasi dilakukan berdasarkan tingkat kesulitan pembelajaran jarak jauh yang terdiri dari tiga tahap.

Adapun tahap pertama yakni pendidik dan tenaga kependidikan PAUD, SD, SLB dan sederajat. Tahap kedua pendidik dan tenaga kependidikan SMP, SMA, SMK, dan sederajat. Tahap ketiga yakni pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan tinggi.

Demikian untuk jenjang pendidikan dasar mendapatkan prioritas, hal itu karena pada jenjang tersebut banyak yang mengalami kesulitan dalam melakukan pendidikan jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19.

Sejumlah wilayah di Indonesia pun telah menggelar program vaksinasi terhadap guru, secara bertahap. Maka dari itu, pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan apabila vaksinasi Covid-19 pada guru telah selesai dilaksanakan.

Sebelumnya juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, telah menargetkan semua sekolah sudah melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka mulai Juli 2021.

“Setelah vaksinasi pendidikan dan tenaga kependidikan, pembelajaran tatap muka semakin didorong dan dipercepat untuk seluruh satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah,” ujar Nadiem.

Hal itu ia sampaikan dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR yang dipantau di Jakarta, Rabu, 10 Maret 2021.

Maka dari itu, setelah dilakukan vaksinasi Covid-19 pada pendidikan dan tenaga kependidikan, sekolah didorong untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Nadiem menjelaskan pembelajaran tatap muka perlu diakselerasi, yakni dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan juga vaksinasi Covid-19.

Ia menekankan bahwa sebelum vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan, pemerintah daerah diharapkan untuk mengakselerasi pembelajaran tatap muka sesuai dengan kondisi satuan pendidikan.

Dengan demikian, Nadiem berharap kondisi hilangnya kesempatan belajar atau loss learning akibat pandemi Covid-19 tidak terus berlanjut.

“Setelah vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan, pembelajaran tatap muka diizinkan untuk pendidikan tinggi. Tapi semua ditentukan oleh keputusan rektor apakah akan memulai perkuliahan tatap muka atau tidak,” kata Nadiem.*

 

sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/

Tulisan Lainnya
Lebih dari 1.600 Sekolah di Bandung Siap Belajar Tatap Muka Terbatas

BANDUNG, Dinas Pendidikan Kota Bandung, Jawa Barat, menyebutkan, lebih dari 1.600 sekolah di Bandung siap menjalankan sistem belajar tatap muka terbatas. Sebanyak 1.600 sekolah itu meli

14/10/2021 14:32 WIB - ict
Daftar Ulang Online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahap 2

1.Daftar ulang diilaksanakan secara ONLINE, paling lambat hari Rabu, 14 Juli 2021.    Dengan mengisi formulir daftar ulang berikut : https://forms.gle/ytR7LvqpLkHtLRWF7 2.Lebi

09/07/2021 11:08 WIB - ict
Info Seputar Daftar Ulang PPDB 2021

INFORMASI PPDB SMK NEGERI 5 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022   Peserta didik yang diterima di satuan pendidikan wajib melakukan daftar ulang, dan bagi yang tidak mendaftar ul

21/06/2021 16:48 WIB - ict
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, khususnya di SMK Negeri 5 Bandung, dilaksanakan berdasarkan : 1. Peraturan Menteri Pe

06/06/2021 13:41 WIB - ict
Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Kecamatan Cibeunying Kidul

Rabu-Kamis, 19-20 Mei 2020 - Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan mulai dari tingkat dasar sampai menengah yang ada dilingkungan Kecamatan Cibeunying Kidul.

25/05/2021 08:24 WIB - ict