• SMKN 5 BANDUNG
  • " Leading, Innovative, Modern, Aware "

Kemendikbud: Asesmen Nasional 2021 untuk Pemetaan Awal Dunia Pendidikan

Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud Asrijanty mengungkapkan tujuan jangka panjang Asesmen Nasional adalah untuk menggambarkan capaian pendidikan di Indonesia.

Melalui Asesmen Nasional, Asrijanty mengatakan Kemendikbud tidak hanya bisa mengukur capaian siswa tetapi juga faktor-faktor yang mempengaruhi.

Meski begitu, Asrijanty mengatakan pelaksanaan Asesmen Nasional tahun ini hanya untuk pemetaan awal.

"Dalam hal ini sebenarnya bapak ibu guru, bapak ibu kepala sekolah, kepala dinas tidak perlu khawatir, karena tahun 2021 ini adalah tahun pertama. Artinya ini sebagai base line, pemetaan Awal. Jadi tidak ada implikasinya," ujar Asrijanty dalam Webinar Kupas Tuntas Asesmen Nasional, Selasa (26/1/2021).

Kemendikbud ingin memetakan kondisi dunia pendidikan di seluruh wilayah di Indonesia. Pemetaan ini untuk mengetahui kualitas pendidikan di berbagai daerah.

"Ada sekolah yang memang lebih bagus fasilitasnya ya, kemudian ada sekolah juga yang memang kurang. Jadi yang akan dilihat nanti adalah tahun-tahun berikutnya," tutur Asrijanty.

Setelah mendapatkan gambaran dari Asesmen Nasional pada tahun 2021 ini, Asrijanty mengungkapkan, hasil pemetaan akan diberikan kepada para pemangku kepentingan pendidikan di daerah.

Tujuannya untuk mengevaluasi pendidikan di daerah yang kualitasnya masih rendah. Sehingga tercipta perbaikan kualitas pendidikan.

"Kemudian hasil itu diberikan kepada satuan pendidikan, dan kemudian kira-kira apa yang bisa diperbaiki. Jadi fungsinya. Jadi Asesmen Nasional ini nanti akan lebih pada pemetaan mutu," pungkas Asrijanty.

Sebelumnya, Kemendikbud memutuskan untuk mengundurkan pelaksanaan Asesmen Nasional menjadi bulan September 2021, setelah sebelumnya direncanakan pada Maret.

Meski begitu, Mendikbud Nadiem Makarim memastikan pelaksanaan Asesmen Nasional wajib dilaksanakan pada tahun ini.

Nadiem beralasan Asesmen Nasional dilaksanakan untuk mengetahui mutu sekolah yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

"Akan terjadi tahun ini, harus terjadi, karena kita enggak tahu. Kalau kita mau tahu loss of learningnya," ucap Nadiem dalam webinar yang disiarkan laman Youtube FMB9_IKP, Jumat (22/1/2021).

 

 

sumber : https://www.tribunnews.com/nasional/2021/01/26/kemendikbud-asesmen-nasional-2021-untuk-pemetaan-awal-dunia-pendidikan

Tulisan Lainnya
Tenaga Pendidik di Kota Bandung Positif COVID-19 dan Meninggal, Klaster Pendidikan?

BANDUNG - Kasus COVID-19 di Kota Bandung terus meningkat. Data terakhir, jumlah kasus COVID-19 aktif mencapai 700 kasus per Selasa (12/1/2021). Bahkan, kasus COVID-19 menyebabkan s

26/01/2021 11:33 WIB - ict
SEKOLAH TATAP MUKA DIMULAI JANUARI 2021

Hallo Bapak/Ibu Keluarga Besar SMKN 5 Bandung Salam sehat dan semangat!   Berikut kami sampaikan bahwa kegiatan pembelajaran tatap muka yang sebelumnya hanya boleh dilakukan p

23/11/2020 12:12 WIB - ict
DAFTAR ULANG CALON PESERTA DIDIK BARU TAHUN 2020

Berikut ini kami sampaikan informasi mengenai Daftar Ulang bagi Calon Peserta Didik Baru Tahun 2020 yang dinyatakan diterima di SMKN 5 Bandung PERSYARATAN DAFTAR ULANG BAGI CALON PESER

22/06/2020 12:11 WIB - ict
Mendikbud: Tidak Liar, Bila Pungutan Berdasarkan Permendikbud No 75 Tahun 2016

BANDUNG, DISDIK JABAR- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan tidak semua penggalangan dana di sekolah tergolong pungutan liar. Mendikbud menegaskan, pungutan di

04/03/2020 06:48 WIB - ict
Benarkah Finlandia Tak Berikan PR untuk Anak Sekolah? Ini Faktanya

Jakarta - Finlandia memiliki sistem pendidikan yang terkenal maju di dunia. Reputasi tersebut sudah terkenal hingga Indonesia. Bila melihat hasil skor PISA yang rilis akhir ta

17/02/2020 17:53 WIB - ict